Sabtu, 25 Oktober 2008

Batu Hajar Aswad

Misteri Batu Hajar Aswad

Neil Amstrong telah membuktikan bahwa kota Mekah adalah pusat dari planet Bumi. Fakta ini telah di diteliti melalui sebuah penelitian Ilmiah.

Ketika Neil Amstrong untuk pertama kalinya melakukan perjalanan ke luar angkasa dan mengambil gambar planet Bumi, di berkata : “Planet Bumi ternyata menggantung di area yang sangat gelap, siapa yang menggantungnya ?.”




















Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi, secara resmi mereka mengumumkannya di Internet, tetapi sayang nya 21 hari kemudian website tersebut raib yang sepertinya ada asalan tersembunyi dibalik penghapusan website tersebut.

Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, ternyata radiasi tersebut berpusat di kota Mekah, tepatnya berasal dari Ka’Bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite ( tidak berujung ), hal ini terbuktikan ketika mereka mengambil foto planet Mars, radiasi tersebut masih berlanjut terus. Para peneliti Muslim mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka’Bah di di planet Bumi dengan Ka’bah di alam akhirat.

Di tengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan, ada suatu area yang bernama ‘Zero Magnetism Area’, artinya adalah apabila kita mengeluarkan kompas di area tersebut, maka jarum kompas tersebut tidak akan bergerak sama sekali karena daya tarik yang sama besarnya antara kedua kutub.

Itulah sebabnya jika seseorang tinggal di Mekah, maka ia akan hidup lebih lama, lebih sehat, dan tidak banyak dipengaruhi oleh banyak kekuatan gravitasi. Oleh sebab itu lah ketika kita mengelilingi Ka’Bah, maka seakan-akan diri kita di-charged ulang oleh suatu energi misterius dan ini adalah fakta yang telah dibuktikan secara ilmiah.

Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengambang di air. Di sebuah musium di negara Inggris, ada tiga buah potongan batu tersebut ( dari Ka’Bah ) dan pihak musium juga mengatakan bahwa bongkahan batu-batu tersebut bukan berasal dari sistem tata surya kita.

Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah SAW bersabda, “Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam. ( Jami al-Tirmidzi al-Hajj (877) )


























Jumat, 24 Oktober 2008

Tawassul menurut Habib Zain

Tawassul - Habib Zain

Tawassul dan istighatsah adalah amalan para ulama kita Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Tidak ada ulama Sunni yang menentang amalan bertawassul dan beristighatsah dengan Junjungan Nabi s.a.w. dan para sholihin, sama ada sewaktu hayat mereka maupun setelah wafat. Yang menentang hanyalah mereka yang suka benar sendiri dan menghukum orang lain sebagai sesat, bid'ah dan sebagainya. Dan antara sandaran mereka untuk menghalang dari bertawassul dan beristighasah dengan para anbiya' dan awliya' yang telah wafat adalah atsar Sayyidina 'Umar bertawassul dengan Sayyidina 'Abbas r.a. Dengan bangganya mereka mendakwa bahawa "Inilah bukti yang kita tidak boleh bertawassul dengan orang yang telah mati". Benarkah begitu?

Antara ulama kita yang masih berada di dunia yang fana ini, semoga Allah memanjang dan memberkati usia beliau, adalah al-'Allaamah al-Faqiih al-Habib Zain bin Ibrahim BinSumaith. Dalam karyanya yang berbentuk soal-jawab yang berjodol "al-Ajwibah al-Ghaaliyah", beliau (hafizahUllah) menjelaskan berhubung persoalan ini. Pada halaman 77 - 79, beliau menulis:-

S: Jika bertawassul dengan orang-orang yang telah meninggal itu hukumnya jaiz (harus), maka kenapakah Khalifah 'Umar bin al-Khaththab bertawassul dengan Sayyidina 'Abbas dan bukannya dengan Junjungan Nabi s.a.w.?

J: Telah menjawab para ulama : Adapun tawassul Sayyidina 'Umar r.a. dengan Sayyidina 'Abbas r.a. bukanlah dalil yang menunjukkan ketidakharusan bertawassul dengan orang yang telah wafat meninggal dunia. Bahawasanya tawassul Sayyidina 'Umar dengan Sayyidina 'Abbas dan bukannya dengan Junjungan Nabi s.a.w. adalah untuk menjelaskan kepada manusia bahawa tawassul dengan selain Junjungan Nabi s.a.w. adalah harus yakni boleh (jaiz) dan tidak apa-apa (yakni tidak berdosa). Dan dikhas bertawassul dengan Sayyidina 'Abbas r.a. daripada sekalian sahabat adalah untuk menzahirkan kemuliaan keluarga Junjungan Rasulullah s.a.w.

S: Apakah dalilnya bagi yang sedemikian?

J: Dalil bagi yang sedemikian adalah bahawasanya telah sabit tawassul sahabat dengan Junjungan Nabi s.a.w. selepas baginda wafat. Antaranya, apa yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi dan Ibnu Abi Syaibah dengan sanad yang shohih: "Sesungguhnya manusia menghadapi kemarau pada zaman pemerintahan Sayyidina 'Umar r.a., lalu Sayyidina Bilal bin al-Haarits r.a. mendatangi (menziarahi) makam Junjungan Nabi s.a.w. seraya berkata: "Ya RasulAllah, mohonlah hujan bagi umatmu kerana mereka menuju kebinasaan (yakni akibat kemarau tersebut)." Setelah itu, Sayyidina Bilal bin al-Haarits telah bermimpi didatangi Junjungan Nabi s.a.w. dan baginda bersabda kepadanya: "Pergilah kepada 'Umar bin al-Khaththab, sampaikan salamku dan maklumkanlah bahawa mereka akan mendapat hujan." Sayyidina Bilal bin al-Harits pun pergi berjumpa dengan Sayyidina 'Umar dan menyampaikan salam dan pesanan Junjungan Nabi s.a.w. tersebut, lalu menangislah Sayyidina 'Umar r.a. dan mereka pun mendapat hujan."

S: Bagaimanakah hadits tersebut dapat dijadikan dalil?

J: Dalilnya adalah pada perbuatan Sayyidina Bilal tersebut yang merupakan seorang sahabat dan pada sikap Sayyidina 'Umar serta lain-lain sahabat yang tidak mengingkari perbuatan tersebut (yakni jikalah perbuatan Sayyidina Bilal untuk beristighatsah kepada Junjungan Nabi s.a.w. itu satu kesalahan, maka pasti Sayyidina 'Umar dan para sahabat yang lain akan mengingkarinya). Dan antara dalil lain adalah apa yang dikeluarkan oleh ad-Darimi: " Penduduk Kota Madinah telah menghadapi kemarau teruk, lalu mereka mengadu kepada Sayyidatina 'Aisyah r.'anha. Ummul Mu'minin Sayyidatina 'Aisyah berkata kepada mereka: (Pergilah) lihat kubur Nabi s.a.w. dan buatkanlah satu lubang atasnya yang tembus ke langit sehingga tidak ada atap (naungan) di antara kubur tersebut dengan langit. Maka mereka pun melakukannya, lalu turunlah hujan lebat sehingga tumbuh - tumbuhan hidup dengan subur dan unta-unta menjadi gemuk sehingga kulitnya seakan-akan pecah kerana lemak, maka dinamakan tahun tersebut "aamul fatqah" (tahun pecah-pecah (yakni melambangkan kesuburan kerana kulit unta-unta tersebut seolah-olah pecah-pecah kerana terlalu gemuk)."

KESIMPULAN: Bahawsanya bertawassul itu adalah harus (jaiz / mubah) , sama ada dengan amal-amal sholih ataupun dengan pelaku-pelaku amal sholih tersebvt iaitu para sholihin, sama ada dengan mereka-mereka yang masih hidu p ataupun yang sudah wafat meninggal dunia. Bahkan perbuatan bertawassul ini telah berlaku atas setiap keadaan hatta sebelum penciptaan Junjungan Nabi s.a.w. (yakni sebagaimana terjadinya tawassul Nabi Adam a.s. dengan Junjungan Nabi s.a.w. sebelum Baginda Nabi s.a.w. dilahirkan).
Allahu ... Allah, jadi tawassul Sayyidina 'Umar r.a. itu dengan paman Junjungan Nabi s.a.w., Sayyidina 'Abbas r.a., adalah menunjukkan bahawa boleh kita bertawassul dengan orang yang kedudukan dan maqamnya lebih rendah daripada Junjungan Nabi s.a.w. Dan bukanlah dalil bagi menghalang kita untuk bertawassul dengan orang yang telah mati. Logikanya, kita bertawassul dengan Junjungan Nabi s.a.w. atau para sholihin adalah kerana kedudukan dan maqam mereka yang mulia dan tinggi di sisi Allah s.w.t., maka ketahuilah yang kedudukan dan maqam ini tidaklah hilang dengan kewafatan mereka. Junjungan Nabi s.a.w. tetap RasullUllah, HabibUllah, NabiyUllah baik sewaktu hayat baginda dikandung badan, maupun selepas kewafatan baginda menuju kehidupan yang abadi.

Allahu ... Allahu Rabbi
Inilah istimewa maqam di sisi Ilahi
Berbeza dengan maqam duniawi
Lihat dulu dia perdana menteri
Sekarang sudah mantan perdana menteri
Dulu dia kerna kedudukannya dipuji tinggi
Kini dia pula dicaci dikeji
Sampai dikata "dalam daging dialah duri"
Sehingga mantan membawa hati
Lalu keluarlah dia dari parti
Ini hanya sekadar perbandingan diperi
Bukan tujuan menghina dan mengeji
Fa'tabiruuuuuu wahai mereka yang sudi
Maka jangan kita lupa diri
Walau sudah di dunia berjawatan tinggi
Ditabik orang lagi dihormati
Jangan lupa kita usaha dan cari
Capai kedudukan dan maqam sejati
Yang boleh dibawa selepas mati
Bukan hanya sibukkan kedudukan duniawi
Kedudukan yang hanya setakat mati
Atau yang hilang setelah berhenti

Bahaya riya'

Jubb al-Huzn

Alhamdulillah, dengan nikmat dan inayahNya serta keizinanNya dapat kita mengakhiri Ramadhan kita dengan melakukan berbagai ketaatan. Bersempenakan Ramadhan bulan di mana segala kitab suci diturunkan termasuklah al-Quran, maka amalan bertadarus dan mengkhatamkan al-Quran lazim dijadikan amalan. Junjungan Nabi s.a.w. pun dikhabarkan pada malam-malam Ramadhan akan bertadarus dengan malaikat Jibril, tapi ini tidaklah bermakna yang Junjungan Nabi s.a.w. hanya mengkhatamkan al-Quran hanya di bulan Ramadhan sahaja. Sewaktu mengkhatamkan al-Quran kita disunnatkan untuk memperbanyakkan doa kerana saat itu adalah antara saat yang mustajab berdoa serta doa pada waktu itu turut diaminkan oleh 4000 malaikat sebagaimana diriwayatkan oleh Imam ad-Darimi dengan isnadnya daripada Humaid al-A'raj.

Keutamaan membaca al-Quran sudah umum diketahui, bahkan ianya dianggap sebagai zikir tak berwaktu yang paling afdhal. Akan tetapi sayogia diingat bahawa segala amalan hendaknya dilakukan dengan penuh ikhlas, jauh dari riya`, sum`ah dan 'ujub. Bagi para qurra` yang tidak ikhlas maka Junjungan Nabi s.a.w. telah memberi amaran akan azab yang pedih menunggu mereka. Antaranya ialah siksaan yang maha dahsyat di satu tempat di neraka Jahannam yang dipanggil Jubbul Huzn.

Imam Abu 'Abdullah Muhammad bin Abu Bakar al-Anshari al-Qurthubi (w. 627H) dalam karyanya "at-Tadzkaar fi Afdhalil Adzkaar" menukilkan beberapa hadits Junjungan Nabi s.a.w. berkenaan dengan Jubbul Huzn ini. Antaranya ialah apa yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi r.a. daripada Sayyidina Abu Hurairah r.a. bahawa Junjungan Nabi s.a.w. berdoa:- "Kami berlindung dengan Allah dari Jub al-Huzn". Para sahabat bertanya kepada Junjungan s.a.w.: "Wahai Junjungan Rasulullah, apakah itu Jubb al-Huzn?" Junjungan s.a.w. menjawab: "Satu wadi di neraka Jahannam yang mana neraka Jahannam sendiri memohon perlindungan Allah darinya setiap hari 100 kali." Junjungan s.a.w. ditanya lagi: "Wahai Junjungan Rasulullah, siapakah yang akan memasukinya?" Junjungan Nabi s.a.w. menjawab: "Para qari` yang riya` dengan amalan-amalan mereka."

Satu riwayat pula dikeluarkan oleh Imam Ibnu Majah daripada Sayyidina Abu Hurairah r.a. bahawa Junjungan Nabi s.a.w. bersabda: "Hendaklah kamu memohon perlindungan Allah daripada Jubb al-Huzn." Para sahabat bertanya: " Wahai Junjungan Rasulullah, apakah itu Jubb al-Huzn?" Junjungan Nabi s.a.w. menjawab: "Satu wadi di neraka Jahannam di mana neraka Jahannam memohon perlindungan Allah darinya setiap hari 400 kali." Junjungan s.a.w. ditanyai lagi: "Siapkah yang bakal memasukinya?" Junjungan Nabi s.a.w. menjawab: "Ianya disediakan Allah bagi para qari` yang riya` dengan amalan-amalan mereka, dan sesungguhnya qari yang paling dimurkai Allah ialah yang mendatangi para pemerintah (yakni pemerintah yang zalim dan dengan tujuan mencari hasil duniawi dengan menggadaikan ayat-ayat Allah)."
Maka hendaklah kita mengambil pengajaran dari sabdaan Junjungan kita s.a.w. ini. Beramal biarlah ikhlas, kalau masih belum boleh, maka hendaklah diusahakan. Penyakit-penyakit hati seumpama riya` ini terlalu amat bahaya dan terlebih besar mudaratnya dari segala penyakit dunia. Seteruk-teruk penyakit dunia hanya kematian akibatnya, tapi penyakit-penyakit hati akan menjadi sebab penderitaan yang berpanjangan, kalaupun tidak berkekalan, di neraka, na`udzubillah min dzalik. Kehidupan kita di atas dunia yang fana ini hendaklah diberi perhatian yang sungguh-sungguh untuk melaksanakan segala titah - perintah Allah s.w.t. Kehidupan duniawi ini terlalu amat penting untuk dipersia-siakan dan dilumur dengan dosa kederhakaan dan maksiat kepada Allah. Pentingnya fasa umur dunia ini kerana ianya adalah penentu bagi kebahagiaan di sana nanti.

*****************************************************
Doa khatam yang biasa dibaca oleh guru kami almarhum Mawlana 'Abdul Lathif al-Hafiz Kadayanalur setiap kali khatam Tafsir al-Baidhawi. Moga Allah sentiasa mencucuri hujan rahmat dan kasihan belas buat beliau serta menempatkannya bersama para sholihin. Allahumma aamiin. al-Fatihah.

Firasat Ulama Tentang Wahabi

Firasat Ulama Tentang Syaikhun-Najdi

Ikhwah, panutan kita al-Habib Alwi bin Ahmad bin Hasan bin Shohibur Ratib Habib 'Abdullah al-Haddad dalam kitabnya "Misbahul Anam" mukasurat 15 menceritakan seperti berikut:-
  • Aku telah diberitahu oleh seorang tua yang bersinar wajahnya kerana kesholehannya dan sudah melebihi 80 tahun umurnya, salah seorang pemuka kita keluarga Abu 'Alawi yang lahir dan membesar di Makkah dan kerap berulang alik ke Madinah. Nama beliau Musa bin Hasan bin Ahmad al-'Alawi berketurunan Sayyidina 'Uqail bin Salim, saudara Sayyidina Quthubus-Syahir asy-Syaikhul Kabir Abu Bakar bin Salim. Beliau berkata:- "Aku dahulu berada di Madinah belajar kepada asy-Syaikh Muhammad Hayat (as-Sindi al-Madani). Muhammad bin 'Abdul Wahhab juga berulang-alik ke majlis Syaikh Muhammad Hayat seperti murid-murid lainnya. Aku mendengar daripada orang-orang sholeh dan ulama, sebagai kasyaf daripada mereka, firasat mereka mengenai Muhammad bin 'Abdul Wahhab di mana mereka menyatakan bahawa dia akan sesat dan menyesatkan Allah dengannya orang yang dijauhkan dari rahmatNya dan yang dibinasakanNya" Dan demikian yang telah berlaku (yakni firasat mereka telah menjadi kenyataan) sehingga Syaikh 'Abdul Wahhab, bapa kepada Muhammad bin 'Abdul Wahhab, juga berfirasat sedemikian terhadap anaknya, dia telah menasihati dan mencelanya serta memperingati orang lain berhubung anaknya tersebut.

Di antara ulama yang mempunyai firasat sedemikian juga ialah Syaikh Muhammad Hayat as-Sindi dan Syaikh Muhammad Sulaiman al-Kurdi al-Madani asy-Syafi`i. Sayyidi Ahmad Zaini Dahlan menceritakan berhubung firasat Syaikh Muhammad Sulaiman al-Kurdi dalam kitab-kitabnya dan perlu diketahui Sayyidi Ahmad Zaini Dahlan mempunyai sanad riwayat daripada Syaikh Muhammad Sulaiman al-Kurdi seperti berikut:- Sayyidi Ahmad Zaini Dahlan daripada Muhaddis Syam Syaikh Abdur Rahman al-Kuzbariy daripada al-Hafiz al-Hujjah 'Abdullah al-Kurdi al-Madani daripada al-Muhaddis al-Musnid Syaikh Muhammad bin Sulaiman al-Kurdi al-Madani. Dalam isu Muhammad bin 'Abdul Wahhab tidak ada langsung Syaikh 'Abdur Rahman al-Kuzbari menolak kata-kata Syaikh Muhammad Sulaiman al-Kurdi dan beliau adalah tokoh utama dalam bidang periwayatan hadis yang terkenal dalam dunia Islam. Kesimpulannya, perawi-perawi tersebut adalah orang yang dipercayai dan tidak berbohong. Syaikh Sulaiman al-Kurdi bukan sahaja berfirasat mengenai Muhammad bin 'Abdul Wahhab, tetapi setelah zahir fitnah Muhammad bin Abdul Wahhab beliau telah ditanyai mengenainya dan membuat jawapan untuk menolak ajaran Muhammad bin Abdul Wahhab (insya-Allah, lain masa kita tulis jawapan beliau tersebut).

Ikhwah, jika cuma ada kitab yang ditulis Syaikh Sulaiman bin 'Abdul Wahhab al-Hanbali, saudara kandung Muhammad bin 'Abdul Wahhab, yang berjodol "Syawa`iqul Ilahiyyah", itu sudah cukup untuk membuktikan kesesatan Muhammad bin Abdul Wahhab dan sekaligus membuktikan kebenaran firasat para ulama dan sholihin di atas. Inikan pula faktanya bukan Syaikh Sulaiman sahaja yang menceritakan kesesatan Muhammad bin Abdul Wahhab tetapi ramai lagi ulama sehingga Habib Alwi al-Haddad pada mukasurat 3 kitab "Misbahul Anam" membuat kesimpulan bahawa kesesatan Muhammad bin 'Abdul Wahhab telah disampaikan oleh ramai ulama secara tawatur dalam tulisan-tulisan mereka daripada orang-orang yang tsiqah dari kalangan ulama-ul-akhyar (terpilih) dan selain mereka, yang telah melihat dengan matanya sendiri dan mendengar dengan telinganya sendiri akan kesesatan Muhammad bin 'Abdul Wahhab dan pengikut-pengikutnya dan juga dari tulisan-tulisan, perkataan, perbuatan dan perintah Muhammad bin Abdul Wahhab dan pengikut-pengikutnya.

Firasat bukan hujjah, betul memang betul, tetapi jangan pula diketepikan mentah-mentah, apatah lagi jika ada qarinah lain membuktikan kebenaran firasat tersebut. Ingat Junjungan Nabi s.a.w. bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dan Imam ath-Thobarani : "Ittaquu firasatal mu'min, fa innahu yandzuru bi nurIllah" (Takutilah firasat orang mukmin, kerana bahawasanya dia memandang dengan cahaya Allah).

Terpulanglah kepada kalian untuk berfikir dengan sewajarnya.

Hadiah Surah al-Ikhlash

Hadiah Surah al-Ikhlash

Ketahuilah wahai diri, bahawa Imam 'Abdullah al-Haddad menganjurkan agar diamalkan membaca suratul Ikhlash sebanyak sebelas (11) kali dan dihadiahkan pahalanya kepada saudara-saudaramu yang telah mendahuluimu kembali ke rahmatullah. Ini adalah anjuran daripada seorang ulama dan waliyullah yang menjadi ikutan dan panutan dirimu, maka apa perlu engkau mendengar suara-suara sumbang yang membid'ahsesatkan amalan-amalan seumpama bertahlil dan hadiah pahala ini. Cukuplah bagimu jika hanya Imam yang mulia ini sahaja yang menganjurkannya, apatah lagi jika bukan hanya beliau seorang sahaja tetapi ribuan bahkan jutaan ulama dan awliya' yang sependapat dengan beliau. Tetaplah engkau istiqamah dengan amalan yang telah engkau terima daripada para ulama dan leluhurmu terdahulu. Jangan dihiraukan celaan para pencela.

Wahai diri, telah berkata Imam yang mulia al-Imam al-Habib al-Quthub al-Ghauts 'Abdullah bin 'Alawi bin Muhammad al-Haddad r.a. dalam karyanya yang bernilai tinggi "Sabilul Iddikar" pada halaman 63, antara lain:-

Dan hadiah al-Quran (yakni hadiah pahala bacaannya) yang sangat memberi manfaat kepada orang mati, kendatipun seluruh al-Quran adalah adalah bermanfaat lagi berkat, adalah bacaan 11 kali surah al-Ikhlash yang agung. Dan hal ini (yakni manfaat amalan tersebut) telah dilihat dalam mimpi-mimpi yang berkat (yakni ru'yatush sholihah / mimpi-mimpi yang benar sebagaimana disabdakan oleh Junjungan bahawa ianya adalah 1/46 daripada nubuwwah).

Maka sewajarnya seseorang itu membaca surah al-Ikhlash menurut bilangan tersebut (yakni 11 kali), sama ada pada setiap malam atau pada setiap hari, atau lebih kerap daripada itu ataupun kurang daripada itu, walaupun hanya setiap malam Jumaat, dan dihadiahkannya pahala yang sedemikian itu kepada dua ibubapanya, para gurunya dan mereka-mereka yang mempunyai hak atasnya.
Wahai diri, amalkanlah anjuran Imam al-Haddad r.a. ini, mudah-mudahan bermanfaat buat ibubapamu, guru-gurumu dan saudara-saudaramu yang telah berpulang dan juga bermanfaat buat dirimu yang bakal menyusuli mereka.

Habib Ahmad Masyhur

Baqiyyatus Salaf wa Sayyidul Khalaf, Habib Ahmad Masyhur bin Thoha al-Haddad adalah seorang ulama, wali dan da`i dari keturunan Habib 'Umar bin 'Alawi al-Haddad yang merupakan adik bongsu kepada Habib Abdullah al-Haddad. Beliau dilahirkan sekitar tahun 1325H di Qaydun oleh seorang hababah sholehah lagi hafaz al-Quran iaitu Hababah Shofiyyah binti Thohir bin 'Umar al-Haddad.

Habib Ahmad Masyhur telah mendapat didikan dan asuhan agama sedari kecil lagi. Beliau menimba ilmunya dari ibunya dan lain-lain ulama termasuklah belajar kepada pendiri Rubath Qaydun dua bersaudara iaitu Habib 'Abdullah bin Thohir al-Haddad dan saudaranya Habib 'Alwi bin Thohir al-Haddad. Di bawah dua ulama ini, Habib Ahmad mendalami lagi pengetahuan agamanya dalam bidang fiqh, tawhid, tasawwuf, tafsir dan hadis. Dalam usia muda, beliau telah hafal al-Quran dan menguasai berbagai lapangan ilmu agama sehingga diberi kepercayaan untuk mengajar pula di rubath tersebut. Habib Ahmad yang tidak pernah jemu menuntut ilmu turut menangguk ilmu di Rubath Tarim dengan para ulama yang mengajar di sana.

Tatkala berusia awal 20-an, Habib Ahmad telah dibawa oleh gurunya Habib 'Alwi bin Thohir al-Haddad ke Indonesia. Di sana selain berdakwah, beliau meneruskan pengajian dengan ramai lagi ulama di sana, antaranya dengan Habib 'Abdullah bin Muhsin al-'Aththas, Habib 'Alwi bin Muhammad al-Haddad dan Habib Muhammad bin Ahmad al-Muhdhar.

Sekitar tahun 1350H, Habib Ahmad berhijrah ke Afrika Timur untuk berdakwah dan menyebar risalah nendanya yang mulia, Junjungan Nabi s.a.w. Beliau menetap di Mombasa, Kenya, dan dari situlah beliau melancarkan dakwahnya ke seluruh pelosok benua Afrika. Pada tahun 1375H, beliau berhijrah pula ke Kampala, Uganda dan menetap di situ sekitar 13 tahun. Habib Ahmad dengan sungguh-sungguh dan gigih telah menghabiskan masanya untuk berdakwah menyeru umat kepada agama yang diredhai sehingga dikatakan sepanjang beliau berada di Afrika, puluhan ribu penduduk di sana, bahkan setengah mengatakan jumlah tersebut menjangkau ratusan ribu, yang memeluk agama Islam ditangannya. Di samping itu beliau turut mengorbankan harta bendanya untuk agama dengan membangunkan banyak masjid dan madrasah dalam rangka dakwahnya di sana.

Hari Rabu, 14 Rajab 1416H bersamaan 6 Disember 1995M, Habib Ahmad telah dipanggil kembali ke rahmatUllah di Jeddah. Setelah disembahyangkan di Jeddah dengan diimamkan oleh almarhum Habib Dr. Muhammad bin 'Alawi al-Maliki al-Hasani dengan kehadiran Habib 'Abdul Qadir as-Saqqaf, jenazahnya yang mulia telah dibawa ke Makkah dan disholatkan sekali lagi di hadapan Ka'bah al-Musyarrafah sebelum dimakamkan di Jannatul Ma'la. Selain meninggalkan ribuan murid, Habib Ahmad turut meninggalkan beberapa karangan antaranya:
  1. Miftahul Jannah;
  2. Majmu` Fatawa;
  3. Syarh Nadzam Sa`id bin Nabhan;
  4. ad-Durratun Nafi`ah; dan
  5. as-Sabhatuts Tsaminah.
Di samping itu, beliau turut meninggalkan beberapa rangkaian ucapan sholawat yang indah dan penuh asrar dan keberkatan. Antara sholawat gubahan Habib Ahmad adalah satu sholawat yang menyebut penciptaan Junjungan Nabi s.a.w. daripada nur kepunyaan Allah, yang berbunyi:-
Wahai Allah, Tuhan sumber cahaya alam semesta
Limpahkan sholawat atas Junjungan yang Engkau cipta
Dari nur milikMu ciptaan indah tiada tara
Dan ampunilah aku serta sinarilah hatiku yang alpa
Dengan makrifatMu terang bercahaya
Juga dengan makrifatnya akan diriMu yang Maha Mulia
Atas keluarga serta sahabat baginda limpahkanlah sama
Limpahan sholawat dan salam sejahtera

Akhirul kalam, dengarlah cuplikan ceramah Sidi Yahya Rhodus yang, antara lain, menceritakan bahawa Habib Ahmad Masyhur al-Haddad telah mengIslamkan 300,000 orang selama dakwahnya di Afrika Timur...Allahu ..Allah. Moga Allah sentiasa mencucuri rahmat dan keredhaanNya ke atas Habib Ahmad Masyhur bin Thaha al-Haddad serta para leluhurnya. Allahumma aamiin .. al-Fatihah.

Sabtu, 18 Oktober 2008

Semangka

Sarang lebah

Terung

Sarang lebah

Ombak

telur

Daun

Daun

Daun Iraq yang bertuliskan/lafads (dari Kanan) Allah, Muhammad, Ali

Ikan

Kucing


Badan kucing bertuliskan/lafads Allah

Buah2

buah

Kamis, 16 Oktober 2008

Daging Kurban

Rabu, 15 Oktober 2008

Rumah Semut


Rumah semut yang membentuk lafads Allah.

Jumat, 10 Oktober 2008

Pertanda Kebaikan

Dua Pertanda Kebaikan...

'Bila kamu shalat, jadikanlah itu seolah-olah shalat orang yang mengucapkan selamat tinggal." (Hadis)

Kisah ini menceritakan tentang kemuliaan Nana (71) seorang wanita yang wafat ketika shalat subuh dan mayatnya masih utuh setelah lima belas tahun dikubur. Walaupun kisah yang terjadi ini sudah cukup lama, namun peristiwa tersebut dapat dijadikan iktibar sekaligus memberi hikmah bagi kita yang masih hidup.

Bagaimana kisah hidup wanita tersebut hingga ia meninggal dalam keadaan husnul khatimah yang terlihat pada keajaiban jasadnya itu? Silahkan Anda simak kisah ini sampai tuntas.

Jejen (40-an) menceritakan bahwa peristiwa kematian ibunya sangat tiba-tiba dan tanpa diduga sama sekali. Sebelum ajal menjemput, menurut Jejen, tidak ada firasat apa pun. Tidak juga ada pertanda kalau ibunya sedang sakit. Semuanya berjalan normal, Malam itu, ketika Jejen hendak shalat Isya, seperti biasa Jejen melihat ibunya sudah lebih dahulu melaksanakan shalat Isya di kamarnya.

Beberapa saat setelah usai shalat, lantunan ayat-ayat Al Quran dari kamar ibunya terdengar jelas di kamar Jejen. Ketika Jejen sudah berada di atas dipannya, lamat-Iamat suara ibunya membaca Al Quran terdengar mengiringi rasa kantuknya. Sedangkan suasana malam yang begitu senyap membuat Jejen semakin tak mampu lagi terjaga, Ia lelap tertidur.

Waktu terus merambat. Tak terasa malam pun berganti memasuki dini hari. Ketika waktu Subuh telah tiba, seperti biasanya Nana terjaga dengan sendirinya dan bergegas mengambil wudhu, Sedangkan suara gemercik air saat ibunya mengambil wudhu membangunkan Jejen dari tidurnya. Tak lama kemudian, melalui celah-celah dinding gedeg pemisah kamar mereka, secara perlahan Jejen mendengar bacaan shalat yang keluar dari mulut ibunya.

Ketika sedang asyik mendengarkan bacaan Qunut yang dilantunkan ibunya, seketika itu juga Jejen terhentak dan beranjak dari tempat tidurnya, karena dia mendengar suara seperti orang jatuh dari kamar ibunya. "Bruuuk !" Suara itu cukup keras.

Ketika dilihat, Jejen menemukan ibunya sudah tersungkur dalam posisi miring. Sementara kedua tangannya masih dalam posisi menengadah, sebagaimana layaknya orang yang tengah berdoa. Dalam situasi yang amat panik itu, Jejen hanya bisa berteriak memanggil-manggil ibunya.

"Ibu! Ibu!" teriak Jejen sembari mengguncang-guncang tubuh perempuan tua itu. Tapi sang ibu hanya diam, tak bergerak sedikit pun. Jejen segera memeriksa denyut nadi ibunya, dan alangkah terkejutnya Jejen, ketika mengetahui nadi di pergelangan tangan wanita tua tersebut sudah tidak berdenyut lagi. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un." Itulah kalimat yang terucap saat Jejen mengetahui bahwa ibunya telah wafat.

Betapa indahnya kematian yang dialami perempuan berusia 71 tahun ini. Ia berpulang masih dalam keadaan suci, masih memiliki wudhu, serta ketika sedang melaksanakan shalat Subuh. Inilah salah satu pertanda seorang manusia yang dipanggil Tuhannya dalam keadaan husnul khatimah.

Keliling kampung

Sekitar sebulan sebelum kematian wanita itu, Jejen bercerita bahwa ibunya sempat berkeliling kampung. Ia mendatangi semua orang yang dikenalnya untuk meminta maaf apabila ada kesalahan baik sengaja atau tidak disengaja. Bahkan ketika berpapasan dengan orang-orang yang tidak dikenalnya pun ia sempat meminta maaf kepada mereka. Siapa sangka hal ini merupakan suatu pertanda bahwa ia akan segera meninggal.

Perbuatan ibunya seperti itu menurut Jejen memang sempat mengundang perhatian banyak orang. Ada saja orang yang mencemooh Nana dan menganggapnya seperti orang yang kurang waras dan kurang kerjaan.

"Biarin ibu disebut gila, Jen. Ibu sih sabar wae. Masak orang gila suka shalat, suka mengaji," kenang Jejen menirukan perkataan ibunya.

Setelah meninggal, jenazah Nana dikebumikan di atas tanah miliknya di sekitar rumahnya. Hal ini memang pesan Nana kepada Jejen selagi masih hidup.

Limabelas tahun kemudian

Tanpa terasa kepergian ibunya sudah berjalan sekitar 15 tahun. Dalam masa yang panjang itu Jejen sudah dikarunia dua orang anak dari pernikahannya dengan Fatimah, wanita yang sengaja dipilihkan ibunya untuk mendampingi Jejen.

Suatu ketika, tiba-tiba muncul peristiwa di mana diketahui bahwa tanah waris ibunya telah berpindah tangan. Menurut pengakuan Jejen, dirinya tidak bisa berbuat apa-apa ketika muncul sosok yang mengaku sebagai ahli waris ibunya. Secara singkat Jejen menceritakan bahwa tanah yang ditempatinya itu adalah hak saudara ibunya. Sayang ketika ibunya meninggal, Jejen tidak mendapat wasiat maupun hak waris mengenai tanah yang ditempatinya itu. Ibunya pun tak sempat bercerita mengenai asal muasal tanah itu.

Karena di antara tetangga ada yang mengetahui bahwa orang yang mengaku berhak atas tanah itu memang salah satu keluarga almarhumah, membuat posisi Jejen semakin lemah. Agar tidak terjadi keributan lebih panjang, Jejen akhirnya pasrah dan membiarkan orang tersebut menguasai tanah yang diakui sebagai haknya. Masalahnya adalah di atas tanah tersebut terdapat makam ibu Jejen sedangkan tanah itu akan segera dijual oleh yang bersangkutan. Maka atas kesepakatan dalam musyawarah keluarga yang dihadiri oleh para tokoh masyarakat setempat, makam Nana akan dipindahkan ke tempat lain.

Penggalian kuburan

Penggalian kuburan pun dilakukan dan dipimpin oleh Ustadz Suhad, tokoh agama setempat yang juga guru mengaji almarhumah. Proses penggalian berlangsung lancar. Dari lubang kubur, ternyata mayat Nana masih terbungkus kain kafan. Peristiwa itu membuat Jejen, Ustadz Suhad serta beberapa orang yang turut menggali atau menyaksikannya terkejut.

Setelah diangkat, Jenazah Nana masih utuh layaknya jenazah baru yang akan dimakamkan. Daging yang melekat di tubuh Nana tidak terasa lembek di tangan orang yang mengangkatnya. Jenazah Nana seperti tidak termakan oleh waktu dan tanah.

Keadaan ini memang tidak masuk akal. Sebab kematian Nana sudah berselang 15 tahun yang silam. Logisnya kain kafan dan seluruh tubuh Nana sudah hancur kecuali tinggal tulang belulangnya. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Jenazah Nana masih utuh.

Inilah kekuasaan Allah SWT. Tidak ada yang tidak mungkin bila Dia menghendaki. Sebab dalam Al Quran Allah pun berfirman yang artinya : "Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendakNya) tidak ada yang dapat menolak ketetapanNya. Dan Dialah yang maha cepat hisabnya." (Ar Ra'd 13 : 41).

Karena kejadian ini sempat menghebohkan warga sekitar, maka sebelum jenazah itu dikuburkan kembali di tempat lain, masyarakat berduyun-duyun melihat secara dekat. Peristiwa ini pun langsung menjadi bahan perbincangan. Banyak orang ingin mengetahui bagaimana sesungguhnya sosok Nana semasa hidup.

Dari mengadopsi yatim sampai menjodohkannya

Jejen menceritakan bahwa semasa mudanya Nana adalah wanita yang kurang beruntung dalam kehidupan berumah tangga. Ia mengalami empat kali pernikahan, tetapi keempat-empatnya gagal, alias berakhir dengan perceraian. Pada pernikahannya yang keempat, Nana mengadopsi seorang anak laki-laki yang masih berusia 2 tahun. Anak laki-laki itu adatah Jejen. Sedangkan ibu kandung Jejen yang diketahui telah menikah dengan seorang pria dari Sumatera Selatan, pergi bersama suaminya.

Meski Jejen adalah anak angkat, Nana memperlakukannya seperti anak kandungnya. Meski Nana begitu menyayangi Jejen, ia tetap disiplin dalam menanamkan nilai-nilai agama. Nana berprinsip, anak merupakan titipan Allah.

"Beliau memang agak cerewet, tetapi sesungguhnya orangnya sangat baik. Ketika saya masih kecil, saat beliau menyuruh saya shalat, beliau akan terus menyuruh saya hingga saya benar-benar mengerjakan shalat," kenang Jejen mengingat kebaikan ibu angkatnya itu.

Kebaikan Nana terhadap Jejen, memang tidak perlu diragukan. Hal itu dirasakan betul oleh Jejen. Bahkan selama hidupnya ia tidak pernah merasa dimarahi apalagi sampai ada hukuman fisik.

Ketika Jejen sudah cukup dewasa, perhatian dan kasih sayang Nana terhadap anak angkatnya itu tetap tidak berubah. Bahkan Nana pula yang menjodohkan Jejen pada seorang wanita yang kini menjadi istrinya. Kala itu Nana menganggap Jejen tidak pandai dalam memilih calon istri.

"Kamu nggak bakalan bisa memilih calon istri, ibu saja yang memilihkan. Cari istri itu yang getol ibadahnya, sayang sama kamu, sayang juga sama ibu. Ibu ada calon untuk kamu. Dia itu cucunya kiyai." Jejen mencoba meniru ucapan ibunya.

Jejen mengaku, sampai saat ini ia merasakan betul kebenaran ucapan almarhumah ibunya tentang Fatimah, istri Jejen yang dipilihkan ibunya itu.

Taat ibadah dan hormat pada guru

Nana adalah sosok wanita yang taat dan rajin dalam menjalankan ajaran agamanya. Tidak hanya shalat lima waktu, tahajud, shalat sunah lainnya pun seringkali dilakukannya. Puasa dan zakat tidak pernah luput dari perhatiannya termasuk puasa-puasa sunahnya. Sedangkan lantunan ayat suci Al Quran hampir setiap malam dikumandangkannya.

"Yang saya ingat, ibu sering sekali membaca surat Al Mulk dan Al Waqiah," tutur Jejen.

Selain itu, Nana pun sangat menyenangi menghadiri majelis-majelis pengajian di kampungnya hingga kampung tetangga. Dalam seminggu paling tidak, Nana mengunjungi tiga tempat majelis pengajian secara rutin.

Terhadap guru mengajinya, Nana sangat menghormati dan mencintainya. Hal itu diperlihatkan dengan sering membantu gurunya dalam sisi ekonomi. Misalnya sering memberi/mengantarkan makanan dan kadang kala uang. Semasa hidupnya, kata Jejen, ibunya pernah mendambakan untuk bisa menunaikan ibadah haji. Namun karena kondisi ekonomi tidak memungkinkan, hal itu hanya tinggal keinginan. Selain itu, Nana pun berkeinginan untuk memiliki sebuah pesantren. Namun meskipun keinginan ini juga tidak terlaksana, ia sempat mewakafkan sebidang tanah yang kemudian di atas tanah itu berdiri Pesantren Al Jiddi yang kepemimpinannya dipercayakan kepada Ustadz Suhad.

Dalam kehidupannya yang sederhana, Nana dikenal para tetangganya sebagai orang yang dermawan, taat beribadah, dan dapat menjadi contoh bagi wanita-wanita lain. Mereka melihat pada diri Nana suatu pelajaran bahwa hidup manusia tidak berarti apa-apa jika jauh dari Allah SWT. Karenanya mendekatkan diri pada-Nya setiap saat merupakan jalan yang terbaik sebelum maut menjemput.

Pertanyaan kepada pemuda muslim

Ada seorang pemuda arab yang baru saja menyelesaikan bangku kuliahnya di
Amerika. Pemuda ini adalah salah seorang yang diberi nikmat oleh Allah
berupa pendidikan agama Islam bahkan ia mampu mendalaminya. Selain
belajar, ia juga seorang juru dakwah Islam. Ketika berada di Amerika, ia
berkenalan dengan salah seorang Nasrani. Hubungan mereka semakin akrab,
dengan harapan semoga Allah SWT memberinya hidayah masuk Islam.

Pada suatu hari mereka berdua berjalan-jalan di sebuah perkampungan di
Amerika dan melintas di dekat sebuah gereja yang terdapat di kampung
tersebut. Temannya itu meminta agar ia turut masuk ke dalam gereja. Semula
ia berkeberatan. Namun karena ia terus mendesak akhirnya pemuda itupun
memenuhi permintaannya lalu ikut masuk ke dalam gereja dan duduk di salah
satu bangku dengan hening, sebagaimana kebiasaan mereka. Ketika pendeta
masuk, mereka serentak berdiri untuk memberikan penghormatan lantas
kembali duduk.

Di saat itu si pendeta agak terbelalak ketika melihat kepada para hadirin
dan berkata, "Di tengah kita ada seorang muslim. Aku harap ia keluar dari
sini." Pemuda arab itu tidak bergeming dari tempatnya. Pendeta tersebut
mengucapkan perkataan itu berkali-kali, namun ia tetap tidak bergeming
dari tempatnya. Hingga akhirnya pendeta itu berkata, "Aku minta ia keluar
dari sini dan aku menjamin keselamatannya." Barulah pemuda ini beranjak
keluar.

Di ambang pintu ia bertanya kepada sang pendeta, "Bagaimana anda tahu
bahwa saya seorang muslim." Pendeta itu menjawab, "Dari tanda yang
terdapat di wajahmu." Kemudian ia beranjak hendak keluar. Namun sang
pendeta ingin memanfaatkan keberadaan pemuda ini, yaitu dengan mengajukan
beberapa pertanyaan, tujuannya untuk memojokkan pemuda tersebut dan
sekaligus mengokohkan markasnya. Pemuda muslim itupun menerima tantangan
debat tersebut.

Sang pendeta berkata, "Aku akan mengajukan kepada anda 22 pertanyaan dan
anda harus menjawabnya dengan tepat."Si pemuda tersenyum dan berkata,
"Silakan!

Sang pendeta pun mulai bertanya,

1.Sebutkan satu yang tiada duanya,
2.dua yang tiada tiganya,
3.tiga yang tiada empatnya,
4.empat yang tiada limanya,
5.lima yang tiada enamnya,
6.enam yang tiada tujuhnya,
7.tujuh yang tiada delapannya,
8.delapan yang tiada sembilannya,
9.sembilan yang tiada sepuluhnya,
10.sesuatu yang tidak lebih dari sepuluh,
11.sebelas yang tiada dua belasnya,
12.dua belas yang tiada tiga belasnya,
13.tiga belas yang tiada empat belasnya.
14.Sebutkan sesuatu yang dapat bernafas namun tidak mempunyai ruh!
15.Apa yang dimaksud dengan kuburan berjalan membawa isinya?
16.Siapakah yang berdusta namun masuk ke dalam surga?
17.Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah namun Dia tidak menyukainya?
18.Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah dengan tanpa ayah dan ibu!
19.Siapakah yang tercipta dari api, siapakah yang diadzab dengan api dan
siapakah yang terpelihara dari api?
20.Siapakah yang tercipta dari batu, siapakah yang diadzab dengan batu dan
siapakah yang terpelihara dari batu?
21.Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah dan dianggap besar!
22.Pohon apakah yang mempunyai 12 ranting, setiap ranting mempunyai 30
daun, setiap daun mempunyai 5 buah, 3 di bawah naungan dan dua di bawah
sinaran matahari?"

Mendengar pertanyaan tersebut pemuda itu tersenyum dengan senyuman
mengandung keyakinan kepada Allah. Setelah membaca basmalah ia berkata, -

1.Satu yang tiada duanya ialah Allah SWT.
2.Dua yang tiada tiganya ialah malam dan siang. Allah SWT berfirman, "Dan
Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda (kebesaran kami)."
(Al-Isra': 12).
3.Tiga yang tiada empatnya adalah kekhilafan yang dilakukan Nabi Musa
ketika Khidir menenggelamkan sampan, membunuh seorang anak kecil dan
ketika menegakkan kembali dinding yang hampir roboh.
4.Empat yang tiada limanya adalah Taurat, Injil, Zabur dan al-Qur'an.
5.Lima yang tiada enamnya ialah shalat lima waktu.
6.Enam yang tiada tujuhnya ialah jumlah hari ketika Allah SWT menciptakan
makhluk.
7.Tujuh yang tiada delapannya ialah langit yang tujuh lapis. Allah SWT
berfirman, "Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu
sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Rabb Yang Maha Pemurah sesuatu yang
tidak seimbang." (Al-Mulk: 3).
8.Delapan yang tiada sembilannya ialah malaikat pemikul Arsy ar-Rahman.
Allah SWT berfirman, "Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru
langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat men-junjung 'Arsy Rabbmu
di atas (kepala) mereka." (Al-Haqah: 17).
9.Sembilan yang tiada sepuluhnya adalah mu'jizat yang diberikan kepada
Nabi Musa yaitu: tongkat, tangan yang bercahaya, angin topan, musim
paceklik, katak, darah, kutu dan belalang.*
10.Sesuatu yang tidak lebih dari sepuluh ialah kebaikan. Allah SWT
berfirman, "Barangsiapa yang berbuat kebaikan maka untuknya sepuluh kali
lipat." (Al-An'am: 160).
11.Sebelas yang tiada dua belasnya ialah jumlah saudara-saudara Nabi Yusuf
.
12.Dua belas yang tiada tiga belasnya ialah mu'jizat Nabi Musa yang
terdapat dalam firman Allah, "Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk
kaumnya, lalu Kami berfirman, 'Pukullah batu itu dengan tongkatmu.' Lalu
memancarlah daripadanya dua belas mata air." (Al-Baqarah: 60).
13.Tiga belas yang tiada empat belasnya ialah jumlah saudara Nabi Yusuf
ditambah dengan ayah dan ibunya.
14.Adapun sesuatu yang bernafas namun tidak mempunyai ruh adalah waktu
Shubuh. Allah SWT ber-firman, "Dan waktu subuh apabila fajarnya mulai
menyingsing." (At-Takwir: 18).
15.Kuburan yang membawa isinya adalah ikan yang menelan Nabi Yunus AS.
16.Mereka yang berdusta namun masuk ke dalam surga adalah saudara-saudara
Nabi Yusuf , yakni ketika mereka berkata kepada ayahnya, "Wahai ayah kami,
sesungguhnya kami pergi berlomba-lomba dan kami tinggalkan Yusuf di dekat
barang-barang kami, lalu dia dimakan serigala." Setelah kedustaan
terungkap, Yusuf berkata kepada mereka, " tak ada cercaaan terhadap
kalian." Dan ayah mereka Ya'qub berkata, "Aku akan memohonkan ampun bagimu
kepada Rabbku. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang." (Yusuf:98)
17.Sesuatu yang diciptakan Allah namun tidak Dia sukai adalah suara
keledai. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya sejelek-jelek suara adalah
suara keledai." (Luqman: 19).
18.Makhluk yang diciptakan Allah tanpa bapak dan ibu adalah Nabi Adam,
malaikat, unta Nabi Shalih dan kambing Nabi Ibrahim.
19.-Makhluk yang diciptakan dari api adalah Iblis, yang diadzab dengan api
ialah Abu Jahal dan yang terpelihara dari api adalah Nabi Ibrahim. Allah
SWT berfirman, "Wahai api dinginlah dan selamatkan Ibrahim." (Al-Anbiya':
69).
20.Makhluk yang terbuat dari batu adalah unta Nabi Shalih, yang diadzab
dengan batu adalah tentara bergajah dan yang terpelihara dari batu adalah
Ash-habul Kahfi (penghuni gua).
21.Sesuatu yang diciptakan Allah dan dianggap perkara besar adalah tipu
daya wanita, sebagaimana firman Allah SWT? "Sesungguhnya tipu daya kaum
wanita itu sangatlah besar." (Yusuf: 28).
22.Adapun pohon yang memiliki 12 ranting setiap ranting mempunyai 30 daun,
setiap daun mempunyai 5 buah, 3 di bawah teduhan dan dua di bawah sinaran
matahari maknanya: Pohon adalah tahun, ranting adalah bulan, daun adalah
hari dan buahnya adalah shalat yang lima waktu, tiga dikerjakan di malam
hari dan dua di siang hari.

Pendeta dan para hadirin merasa takjub mende-ngar jawaban pemuda muslim
tersebut. Kemudian ia pamit dan beranjak hendak pergi. Namun ia
mengurungkan niatnya dan meminta kepada pendeta agar menjawab satu
pertanyaan saja. Permintaan ini disetujui oleh sang pendeta. Pemuda ini
berkata, "Apakah kunci surga itu?" mendengar pertanyaan itu lidah sang
pendeta menjadi kelu, hatinya diselimuti keraguan dan rona wajahnya pun
berubah. Ia berusaha menyembunyikan kekhawatirannya, namun hasilnya nihil.
Orang-orang yang hadir di gereja itu terus mendesaknya agar menjawab
pertanyaan tersebut, namun ia berusaha mengelak.

Mereka berkata, "Anda telah melontarkan 22 pertanyaan kepadanya dan
semuanya ia jawab, sementara ia hanya memberimu satu pertanyaan namun anda
tidak mampu menjawabnya!"
Pendeta tersebut berkata, "Sungguh aku mengetahui jawaban dari pertanyaan
tersebut, namun aku takut kalian marah." Mereka menjawab, "Kami akan jamin
keselamatan anda."

Sang pendeta pun berkata, "Jawabannya ialah:
Asyhadu an La Ilaha Illallah
wa Wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah."

Lantas sang pendeta dan orang-orang yang hadir di gereja itu memeluk agama
Islam. Sungguh Allah telah menganugrahkan kebaikan dan menjaga mereka
dengan Islam melalui tangan seorang pemuda muslim yang bertakwa.**

Akibat makan harta haram.

Akibat makan harta haram.

Usai menunaikan ibadah haji, Ibrahim bin Adham berniat ziarah ke mesjidil Aqsa. Untuk bekal di perjalanan, ia membeli 1 kg kurma dari pedagang tua di dekat mesjidil Haram. Setelah kurma ditimbang dan dibungkus, Ibrahim melihat sebutir kurma tergeletak didekat timbangan. Menyangka kurma itu bagian dari yang ia beli, Ibrahim memungut dan memakannya.

Setelah itu ia langsung berangkat menuju Al Aqsa. 4 Bulan kemudian, Ibrahim tiba di Al Aqsa. Seperti biasa, ia suka memilih sebuah tempat beribadah pada sebuah ruangan dibawah kubah Sakhra. Ia shalat dan berdoa khusuk sekali. Tiba tiba ia mendengar percakapan dua Malaikat tentang dirinya.

'Itu, Ibrahim bin Adham, ahli ibadah yang zuhud dan wara yang doanya selalu dikabulkan ALLAH SWT,' kata malaikat yang satu.

'Tetapi sekarang tidak lagi. doanya ditolak karena 4 bulan yg lalu ia memakan sebutir kurma yang jatuh dari meja seorang pedagang tua di dekat mesjidil haram,' jawab malaikat yang satu lagi.

Ibrahim bin adham terkejut sekali, ia terhenyak, jadi selama 4 bulan ini ibadahnya, shalatnya, doanya dan mungkin amalan-amalan lainnya tidak diterima oleh ALLAH SWT gara-gara memakan sebutir kurma yang bukan haknya. 'Astaghfirullahal adzhim' ibrahim beristighfar.

Ia langsung berkemas untuk berangkat lagi ke Mekkah menemui pedagang tua penjual kurma. Untuk meminta dihalalkan sebutir kurma yang telah ditelannya. Begitu sampai di Mekkah ia langsung menuju tempat penjual kurma itu, tetapi ia tidak menemukan pedagang tua itu melainkan seorang anak muda. '4 bulan yang lalu saya membeli kurma disini dari seorang pedagang tua. kemana ia sekarang ?' tanya ibrahim. 'Sudah meninggal sebulan yang lalu, saya sekarang meneruskan pekerjaannya berdagang kurma' jawab anak muda itu. 'Innalillahi wa innailaihi roji'un, kalau begitu kepada siapa saya meminta penghalalan ?'. Lantas ibrahim menceritakan peristiwa yg dialaminya, anak muda itu mendengarkan penuh minat. 'Nah, begitulah' kata ibrahim setelah bercerita, 'Engkau sebagai ahli waris orangtua itu, maukah engkau menghalalkan sebutir kurma milik ayahmu yang terlanjur ku makan tanpa izinnya?'. 'Bagi saya tidak masalah. Insya ALLAH saya halalkan. Tapi entah dengan saudara-saudara saya yang jumlahnya 11 orang. Saya tidak berani mengatas nama kan mereka karena mereka mempunyai hak waris sama dengan saya.' 'Dimana alamat saudara-saudaramu ? biar saya temui mereka satu persatu.'

Setelah menerima alamat, ibrahim bin adham pergi menemui. Biar berjauhan, akhirnya selesai juga. Semua setuju menghalakan sebutir kurma milik ayah mereka yang termakan oleh ibrahim.

4 bulan kemudian, Ibrahim bin adham sudah berada dibawah kubah Sakhra. Tiba tiba ia mendengar dua malaikat yang dulu terdengar lagi bercakap cakap. 'Itulah ibrahim bin adham yang doanya tertolak gara gara makan sebutir kurma milik orang lain.' 'O, tidak.., sekarang doanya sudah makbul lagi, ia telah mendapat penghalalan dari ahli waris pemilik kurma itu. Diri dan jiwa Ibrahim kini telah bersih kembali dari kotoran sebutir kurma yang haram karena masih milik orang lain. Sekarang ia sudah bebas.'